About
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah lembaga independen yang mempunyai fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan.

OJK dibentuk berdasarkan UU Nomor 21 Tahun 2011 yang berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan.
Download
Pelajari bagaimana OJK memantau investasi ilegal yang merugikan hingga triliunan rupiah
Melawan investasi bodong yang merugikan hingga triliunan rupiah
Perusahaan atau pihak yang melakukan penawaran investasi ilegal hampir sebagian besar bukanlah Lembaga Jasa Keuangan (LJK) sehingga Perusahaan atau pihak tersebut tidak terdaftar dan diawasi oleh OJK. Dengan demikian OJK tidak dapat memastikan aspek legalitas dari perusahaan tersebut.

Terkait dengan hal tersebut, dalam upaya untuk ikut serta melawan tawaran investasi ilegal yang merugikan dan meresahkan masyarakat, OJK memiliki dua strategi, yaitu:
1. Preventif
Melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai karakteristik kegiatan penghimpunan dana dan pengelolaan investasi ilegal Knowledge sharing dengan penegak hukum dan regulator di daerah
2. Represif
Membantu melakukan upaya koordinatif antarinstansi terkait untuk mempercepat proses penanganan melalui kerangka kerjasama Satuan Tugas Penanganan Dugaan Tindakan Melawan Hukum di Bidang Penghimpunan Dana dan Pengelolaan Investasi.
Pantau kasus investasi bodong dengan media monitoring
Dengan bantuan media monitoring dari Kazee, OJK dapat memantau perkembangan terkait investasi bodong yang sedang mereka pantau ataupun kasus yang sedang ramai di publik.
Bagaimana Kazee membantu OJK?
Media monitoring mempercepat proses investigasi
Proses investigasi terhadap investasi bodong tidaklah mudah, banyak proses dan tidak sedikit dana yang dibutuhkan untuk kegiatan ini. Media monitoring memudahkan OJK untuk memantau setiap kegiatan investasi tertentu di internet seperti campaign yang mereka jalankan, percakapan di social media, dan isu-isu yang muncul dari publik. Sebelum ada media monitoring, kegiatan tersebut dilakukan manual yang membutuhkan waktu yang cukup lama. Dengan media monitoring, OJK dapat memantau dan menginvestigasi beberapa kasus secara bersamaan.
Proses penangan terhadap kasus lebih efisien
Media monitoring telah memangkas proses investigasi. Hal ini mempercepat penanganan terhadap kasus tersebut. Tentunya dengan pemangkasan proses tersebut membuat kegiatan investigasi menjadi lebih efisien.
Publikasi lebih cepat
Banyak korban atas investasi bodong beredar. Dengan percepatan publikasi yang dilakukan oleh OJK, akan membantu publik untuk mengetahui investasi mana yang berbahaya dan apa saja yang harus dilakukan jika sudah terlanjur menjadi korban. Tentunya hal ini sangat membantu OJK untuk sigap dan tanggap dalam menangani kasus-kasus tersebut.
Cepat tanggap terhadap aduan publik
Di era digital ini, masyarakat cenderung melakukan aduan dan laporan melalui sosial media. Media monitoring membantu OJK untuk memantau setiap percakapan publik terhadap toopik tertentu, sehingga mereka dapat selalu hadir menjadi solusi terhadap aduan dan percakapan terkait topik tertentu.